logo blog

Mau Membuat Blog? Ini Persiapan dan Caranya

Mau Membuat Blog? Ini Persiapan dan Caranya

Zaman sekarang memang agak aneh jika seseorang khususnya anak muda tidak tahu apa itu blog. Apalagi dia tidak mengetahui apa itu internet. Memang tidak apa-apa sih jika tidak mengetahuinya, namun aneh aja…hehe.. Oleh karenanya, anak-anak muda sekarang pun seakan berlomba-lomba membuat blog pribadi ataupun blog latihan. Terlebih sekarang di sekolah-sekolah pun, pembelajaran lewat internet menjadi sebuah kelaziman.

Lalu, bagaimana cara membuat blog? Ok, langsung saja ke TKP.

Hal yang Musti Disiapin sebelum Membuat Blog


Untuk memiliki blog, hal yang perlu dipersiapkan adalah:
  1. Punyai dulu email. Apa itu email? Daftar aja ke mbah google atau yahoo atau lainnya. Dijamin gratis koq.
  2. Tentuin dulu, blognya mau yang gratis atau yang berbayar. Kalau gratis, langsung aja ke TKP seperti blogger atau wordpress. Daftar disana, dijamin gratis juga.
  3. Buat nama yang unik dan menarik blogmu.
  4. Tentu yang tidak kalah penting, siapin juga apa yang hendak kamu isi di blogmu. Udah capek-capek buat blog, tapi gak tahu apa yang mau ditulis di blog, kan lucu to…. Kamu bisa menulis apa aja koq di blogmu. Mau nulis kegiatan sehari-hari, kegiatan sekolah, pengalaman, atau hal yang menarik lainnya. Its’ OK..
  5. Luruskan niat. Koq lurusin niat? Ya tentu donk, walau blog itu cuma sekedar iseng, tapi kalau niatnya baik, kata pak ustad dapat pahala loooo….
Ok, sampai disini aja ya hal-hal yang musti disiapin sebelum membuat blog. Sebagai bonusnya, Ngonline06 ingin mencontohkan cara membuat blog baru. Dalam hal ini, akan kami buat contoh membuat blog dalam blogger.

Cara Membuat Blog di Blogspot


Langkah Pertama


Buatlah terlebih dahulu email. Mengapa demikian, karena saat kita mau menuju dan membuat blog di blogspot dan semua media lainnya, pasti akan dimintai email sebagai referensi. Oleh karenanya, pastikan sahabat sudah memilikinya.

Langkah Kedua


Silahkan masuk ke blogspot pada alamat blogger.com. Setelah membuka alamat tersebut, maka sahabat akan mendapatkan tampilan seperti ini. Silahkan isi kolom yang ada dengan email dan kata sandi yang sudah sahabat semua pakai pada email yang dimiliki.

Langkah Ketiga


Setelah login, maka sahabat akan mendapati tampilan seperti ini. Maka silahkan pilih tombol yang ada pada sebelah kiri, yaitu yang bertuliskan 'Blog Baru.'

Langkah Keempat


Jika sudah ditekan, maka selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Maka silahkan isi nama blog yang hendak dibuat dan alamat yang dipilih serta template yang sesuai.

Isilah nama sesuai dengan kebutuhan sahabat beserta alamat yang bisa mewakili nama tersebut. Biasanya, alamat dan nama blog hampir sama, oleh karenanya bisa disesuaikan. Dalam mengisi alamat, akan ada tanda di sampingnya. Jika tandanya berwarna kuning berbentuk 'pentung', maka berarti alamat tersebut telah terpakai. Oleh karenanya, perlu sahabat ganti alamat yang lain hingga tanda di sampingnya berwarna hijau berbentuk centang.

Jika sudah, silahkan pilih template yang ada pada bagian di bawahnya. Apa itu template? Template adalah bentuk dan rancangan blog sahabat nantinya. Artinya, jika sahabat memilih template tertentu, maka nantinya blog sahabat bentuknya seperti template yang sahabat pilih tersebut. Oleh karenanya, silahkan pilih sesuai dengan selera sahabat semua. Terakhir, klik tombol yang bertuliskan 'Buat Blog' pada bagian bawahnya. SELESAI

Sampai langkah keempat ini, berarti sahabat sudah mempunyai blog dengan nama dan alamat sesuai dengan keinginan sahabat semua.Maka langkah selanjutnya, tinggal mengisi dan menulis postingan dan memaksimalkannya hingga menjadi blog yang ramai pengunjung dan tentunya bermanfaat untuk para pengunjung.
BACA: Tips Mudah agar Pengunjung Blog Ramai

Demikian hal-hal yang perlu disiapkan sebelum membuat blog dan contoh tata cara membuat blog di blogspot. Jika ada pertanyaan, silahkan dicorat-coret aja, kolom komentarnya… Salam senyum dari ngonline06

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Previous
This Is The Oldest Page
Show comments