logo blog

Jangan Buat Backlink, Sebelum Tahu yang Aman dan Berkualitas

Jangan Buat Backlink, Sebelum Tahu yang Aman dan Berkualitas

membangun backlink aman berkualitas
Sahabat Ngonline06, banyak cara agar situs atau blog kita mendapatkan visitor yang banyak. Cara itu pun harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan pengunjung yang maksimal. Sebenarnya, banyak sekali penjelasan-penjelasan agar blog menjadi ramai pengunjung, seperti misalnya artikel berikut:

Sebagaimana penjelasan trik di atas, salah satu faktor agar pengunjung situs/blog ramai adalah dengan membangun backlink. Backlink ini sangat penting agar mesin serb google atau mesin penelusur google mengenali dan merasakan pergerakan blog kita. Keberadaan backlink ini seperti magnet penarik bagi mesin penelusur. 

Artinya, saat seseorang mengetik kata 'Backlink,' maka secara otomatis mesin penelusur ini akan mencari gaya magnet mana yang paling besar menarik dari ribuan situs yang ada. Jika situs atau blog kita memiliki daya tarik yang kuat, tentu mesin penelusur pun akan memilih situs kita sebagai alternatif awal kepada pengunjung tersebut. Namun sebaliknya, jika daya tarik situs atau blog kita lemah, maka ia pun menjadi alternatif ke sekian dari ribuan situs yang ada. Jadi paham ya, pentingnya sebuah backlink itu dalam sebuah situs atau blog.

Macam-Macam Backlink


Setelah sahabat mengetahui pentingnya sebuah backlink terhadap situs atau blog, maka sekarang kita akan mengenal macam-macam backlink. Dalam dunia perblokan (hehe...), backlink ada yang bersifat dofollow dan ada yang bersifat nofollow. Untuk membedakan dan mengetahui dua macam backlink tersebut, perhatikan kode di bawah ini.

1. Kode Backlink Dofollow

<a href="http://ngonline06.blogspot.com/">Membangun Backlink Berkualitas</a></div>

2. Kode Backlink Nofollow

<a href="http://ngonline06.blogspot.com/" rel="nofollow">Membangun Backlink Berkualitas</a></div>
Perhatikan kode yang ada di atas dengan saksama. Kode di atas jika dipraktekkan, maka hasilnya akan terlihat sama. Kedua kode di atas akan terlihat seperti ini.
Membangun Backlink Berkualitas (Backlink Dofollow)
Membangun Backlink Berkualitas (Backlink Nofollow)
Bentuk dan penampakan dari kedua backlink di atas pun sama. Demikian pula, saat diklik pun akan sama, yaitu mengarah pada situs ngonline06.blogspot.com. Yang membedakan hanya sifat dari backlink di atas.

Backlink dofollow sangat disukai oleh mesin penelusur, ia menjadi magnet penarik mesin penelusur untuk mengunjunginya. Lain halnya dengan backlink nofollow, walau memiliki bentuk yang sama, backlink nofollow tidak menarik mesin penelusur untuk mengunjunginya. Inilah yang membedakan antara kedua backlink di atas. Sisi positif dari backlink di atas, dua-duanya bagus untuk menambah visitor.

Resiko Membuat Backlink Sembarangan


Lo, apaan ini koq ada resiko to membuat backlink. Jelas ada dan sangat besar. Jika sahabat sembarangan membuat backlink, ternyata menurut pakar atau oleh teman-teman yang sudah bergelut di dunia seo memiliki resiko yang sangat besar. Resiko yang paling kecil adalah menurunnya jumlah visitor (pengunjung) dan resiko yang paling besar adalah di'tendangnya' akun anda atau blog sahabat. Ngeri kan...

Oleh karenanya, sahabat perlu memperhatikan dan mengetahui langkah-langkah membuat backlink yang aman. Lebih bagus lagi, mengetahui cara membangun backlink yang berkualitas. Ini penting dan urgen, agar apa yang sahabat usahakan dalam membangun backlink tidak mubadzir.

Cara Membuat Backlink Aman dan Berkualitas


Berikut adalah cara membuat backlink yang aman dan membangun backlink yang berkualitas. Perhatikan setiap poin-poin yang ada dengan saksama.

1. Pahami Dahulu Backlink Dofollow dan Nofollow

Langkah pertama yang sahabat perhatikan adalah backlink dofollow dan backlink nofollow. Ini penting karena ini akan berpengaruh pada kualitas backlink yang dibuat. Jika sahabat membangun backlink dofollow berarti sahabat telah membangun backlink yang berkualitas. Namun jika sahabat membangun backlink nofollow berarti sahabat membangun backlink yang kurang berkualitas.

2. Mulailah Bangun Backlink saat Usia Blog Sudah Cukup

Membangun backlink sedini mungkin itu bagus. Namun demikian, membangun backlink saat usia blog masih sehari dua hari, tentu akan menimbulkan 'curiga.'  Bayangkan saja, jumlah artikel baru dua dan umurnya baru lima hari, namun ternyata backlinknya sudah puluhan. Tentu ini akan menimbulkan 'curiga' dari mesin penelusur. Ketika itu tidak diperhatikan, jangan salahkan jika mesin penelusur menganggapnya sebagai spam. Akibatnya, blog kita ditutup. 

Tentu sahabat tidak mau bukan? Oleh karenanya, membangun backlink itu bagus, tapi harus memperhatikan usia blog dan sifat proporsional dari backlink yang ada dengan usia blog dan jumlah postingan.

3. Bangun Backlink ke Homepage dan Artikel

Dalam membangun backlink, sahabat bisa mengarahkan ke homepage dan ke artikel langsung. Lakukan vareasi backlink seperti itu agar postingan sahabat yang bagus bisa diserp oleh mesin penelusur dengan baik dan nama blog sahabat bisa terkenal dan menjadi familiar oleh mesin penelusur.

4. Variasikan Anchor Teks yang Digunakan

Demikian pula, dalam membangun backlink, usahakan untuk memvariasikan anchor teks yang ada. Jangan gunakan satu kata atau kalimat untuk backlink di berbagai tempat. Misalnya 'Membangun Backlink Berkualitas ala Ngonline06' 'Bangunlah Backlink Berkualitas' 'Ayo Bangun Backlink yang Aman', dan lain sebagainya. Memvariasikan anchor teks dalam membangun backlink itu penting. Lagi-lagi agar tidak dianggap SPAM oleh mesin penelusur.

5. Bangun Backlink di Lokasi yang Bervariasi

Selain memvariasikan anchor teks yang digunakan, juga lokasi backlink. Ini juga harus diperhatikan agar benar-benar situs atau blog kita merata dan bagusnya lagi, tentu tidak diidentifikasi sebagai SPAM oleh mesin penelusur. Untuk membangun backlink di lokasi yang bervariasi, sahabat bisa melakukan blogwalking di beberapa tempat.

6. Pilih Situs yang Memiliki Otoritas Baik

Pada poin enam ini adalah penting. Jika sahabat ingin meningkatkan jumlah pengunjung dan membangun backlink yang aman dan berkualitas, maka poin keenam yaitu memilih situs yang memiliki otoritas baik perlu diperhatikan. Mengapa demikian? Bayangkan jika situs sahabat dilink oleh situs yang negatif, tentu akan berdampak negatif pula situs kita. Demikian juga jika kita membangun backlink di sebuah situs yang jumlah visitornya rendah, ternyata akan berdampak pada situs kita lo.... Lo koq gitu? Ya, seperti itulah yang dikatakan para suhu per-blog-kan...hehe

7. Hindari Penggunaan Backlink secara Otomatis

Ini yang terakhir, jika sahabat ingin membangun backlink yang aman, maka hindarilah menggunakan backlink secara otomatis. Sekarang banyak sekali jasa-jasa membangun backlink dari yang berbayar dan gratisan. Jika langkah ini tidak diperhatikan dengan saksama, maka jangan menyesal saat blog kita ditendang dari arena setelah menggunakan backlink secara otomatis, terlebih secara serampangan.

Demikian tutorial membuat backlink yang aman dan membangun backlink yang berkualitas. Semoga bermanfaat untuk para sahabat semua. Jika ada hal yang kurang atau salah, atau hal yang belum dipahami, sahabat bisa corat-coret di kotak komentar. Semoga sukses selalu.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments