logo blog

4 Cara Menulis Huruf Arab di Blog

4 Cara Menulis Huruf Arab di Blog

menulis huruf arab di blog
Blogger diminta multi talenta. Dan setiap blogger pasti memiliki ciri khas dan karakter sendiri-sendiri. Ada yang concern di bidang IT. Ada yang concern di bidang kesehatan, dan ada pula yang concern di bidang keagamaan. Semuanya tentu ingin memberikan informasi yang menarik dan memuaskan untuk para pengunjung dan pembacanya. Maka, mungkin untuk yang concern di bidang keagamaan atau ingin mengerjakan tugas, maka ada yang kesulitan tentang bagaimana cara menulis huruf Arab di blog? Atau, mungkin bisa memposting, tapi tampilannya acak-acakan?

Maka pada kesempatan inilah, Ngonline06 akan memberikan tips cara menulis huruf Arab di blog. Untuk tutorial ini, Ngonline06 menawarkan 4 macam jenis. Masing-masing cara memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. OK, langsung saja berikut cara menulis huruf Arab di blog. INGAT, cara penulisan yang benar akan menjadikan tampilan pun menarik. Sebaliknya, jika cara penulisan asal-asalan, maka akan menjadi buruk secara tampilan dan juga tidak baik di mesin penelusur.

1. Dengan Ms. Word


Ini adalah cara yang lazim digunakan. Untuk memposting huruf Arab di blog, sahabat bisa menuliskannya terlebih dahulu di Microsoft Word dengan jenis dan ukuran font yang diinginkan. Setelah jadi, sahabat tinggal mencopy dan mempastekan di blog. Maka, tampilan blog pun otomatis akan muncul dengan tulisan Arab sesuai yang sudah disetting di Ms. Word.

Kekurangan dari cara ini adalah kode yang dihasilkan akan memperburuk SEO blog. Sahabat bisa melihat sendiri setelah mengcopy tulisan pada kode html-nya. Maka pasti akan didapati kode html yang sangat banyak.

2. Dengan Memanfaatkan Tools Keyboard Arab


Untuk bisa menulis huruf Arab di postingan blog, sahabat bisa memanfaatkan pihak ketiga yang menfasilitasi keyboard Arab.
  1. Silahkan kunjungi tools keyboard Arab.
  2. Tuliskan huruf Arab yang hendak diposting di tempat yang sudah disediakan.
  3. Jangan lupa untuk mengatur juga ukuran font dan jenisnya.
  4. Copy tulisan yang sudah ditulis.
  5. Lansung saja pastekan tulisan yang dicopy tersebut ke dalam postingan blog. Selesai.
Cara ini cukup ampuh dan tampilannya pun OK punya dan uniknya lagi tak menjadikan 'buruk' di mesin penelusur. Cuma cara ini kadang membuat ribet, mengingat harus memanfaatkan pihak ketiga saat hendak memposting.

3. Menulis secara Langsung


Jika komputer sahabat telah disetting dengan font Arab. Artinya, keyboardnya sudah portable untuk menulis huruf Arab, maka sahabat tidak perlu lagi memanfaatkan pihak ketiga. Sahabat cukup langsung menuliskan huruf Arab tersebut di postingan blog dengan kode berikut ini. INGAT, kode ini dituliskan di html, bukan compose.
<div style="font-family: 'traditional arabic'; font-size: 23px;">
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
</div>
Keterangan: Silahkan sesuaikan jenis font dan ukurannya sesuai selera. Contoh di atas merupakan contoh tulisan basmalah. Jika ingin melihat hasilnya dari kode di atas, lihatlah hasilnya berikut:
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

4. Dengan CSS


Jika sahabat memang sering menulis huruf Arab di postingan blog dan sahabat juga tidak ingin direpotkan dengan kode yang terlalu banyak seperti langkah ketiga di atas, sebaiknya sahabat langsung menyetting saja template sahabat dengan CSS. Akibatnya, sahabat bisa dengan mudah menulis huruf Arab tanpa perlu mengingat-ingat kode yang sangat panjang sekali. Tapi, sahabat cukup mengingat kode yang simpel. Untuk mengatur template blog sahabat agar bisa bersahabat dengan tulisan Arab, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Silahkan masuk dashboard blog. Klik template > edit html. Tulislah kode berikut ini di atas kode ]]></b:skin>.
  2. .arabic {font-family: Traditional Arabic;font-size: 18px;direction:rtl;line-height: 200% ;font-weight: bold;}
  3. Simpan.
Untuk memposting, sahabat bisa menggunakan kode div, p, ataupun span. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:
<div class="arabic">بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم</div>
<p class="arabic">بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم</p>
<span class="arabic">بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم</span>

Demikian, tutorial cara menuliskan huruf Arab pada postingan blog. Akhirnya, semoga tutorial di atas membantu sahabat-sahabat Ngonline06 dalam memposting huruf Arab. Jika ada kesulitan, silahkan coret-coret saja kotak komentar di bawah. Salam sukses selalu.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik.