logo blog

Tips Hemat selama Puasa Ramadhan

Tips Hemat selama Puasa Ramadhan

Hello sahabat Ngonline06, tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Yups, bulan dimana kita sebagai umat Islam diperintahkan untuk berpuasa sebulan penuh lamanya. Tentunya, kita perlu mempersiapkan diri, baik jasmani ataupun rohani untuk menyambutnya sehingga kita bisa mengambil manfaat dan hikmah serta bisa melaksanakan puasa dengan baik dan optimal.

Salah satu hal yang perlu kita persiapkan dalam menyambut bulan puasa adalah ekonomi. Ya, karena jika kita tidak mempersiapkan sedari awal, kantong kita akan 'kering', akibatnya kita menjalankan puasa kurang maksimal. Oleh karenanya, mengantisipasi lebih baik daripada terjadi.

Perlu diketahui bahwa sepintas memang saat seseorang berpuasa maka secara otomatis jatah makannya berkurang. Dari awalnya tiga kali maka akan menjadi dua kali saat berpuasa. Namun jangan dikira dengan berkurangnya satu jatah makan, menjadikan uang di 'brangkas' kita menjadi lebih hemat lo. Bahkan menurut pengalaman ibu-ibu atau obrolan bapak-bapak, uang yang ada di 'brangkas' justru banyak tersedot saat di bulan puasa. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, Ngonline06 akan berbagi tips atau trik hemat selama puasa Ramadhan. Untuk bisa mengambil manfaatnya, silahkan praktikkan tips-tips berikut ini:

#1 Buat Daftar Menu Sebulan Penuh


tips hemat selama puasa ramadhan
Daftar menu ini perlu sahabat buat sebelum memasuki bulan Ramadhan. Daftar menu ini setidaknya akan memberi rambu-rambu kepada kita, apa yang harus dibeli dan apa yang tidak perlu dibeli. Jika daftar MENU SAHUR dan MENU BERBUKA ini telah dibuat, maka keuntungannya selain memudahkan Sahabat Ngonline06 untuk mempersingkat pekerjaan juga akan mengendalikan diri untuk berlaku boros saat berbelanja.

Oleh karena itu, segeralah membuat daftar menu dari sekarang, khususnya sebelum memasuki bulan Ramadhan. Ingat, daftar menu ini berisi daftar menu masakan yang akan dihidangkan untuk keluarga selama sebulan penuh. Sahabat bisa mendapatkan aneka daftar menu di BUMMBU: Resep Bunda.

#2 Berbelanja untuk Satu Bulan Kedepan


tips hemat selama puasa ramadhan
uangteman.com
Setelah sahabat Ngonline06 membuat daftar menu, maka secara otomatis Sahabat mengetahui apa saja yang diperlukan untuk menghadapi satu bulan tersebut. Jika telah mengetahui, maka selanjutnya silahkan sahabat berbelanja bahan makanan tersebut untuk satu bulan penuh sedari awal. Bahan makanan yang dibeli selama satu bulan penuh itu tentunya bahan makanan yang memang tahan lama dan sudah ditakar untuk bisa memenuhi kebutuhan selama satu bulan puasa tersebut.

Berbelanja sekali dengan jumlah yang 'jumbo' bertujuan agar kita tidak banyak 'melirik' hal-hal yang tidak perlu dan meminimalisir diri untuk tidak sering memasuki supermarket. Tahu sendiri lah, apa yang terjadi saat kita memasuki supermarket, pasti tangan akan 'ditarik-tarik' untuk mengambil ini itu, apalagi jika lihat tulisan 'diskon'...he

#3 Batasi Berbuka Puasa di Luar


tips hemat selama puasa ramadhan
dream.co.id
Salah satu hal yang jamak dilakukan saat puasa, adalah BUKBER. Ya, buka bersama. Buka bersama memang bagus dan akan mempererat persaudaraan. Namun jika buka bersama ini menjadi hal yang rutin dan pastinya akan selalu berbuka puasa di luar, maka secara otomatis akan membengkakkan cadangan ekonomi yang kita miliki. Oleh karenanya, membatasi berbuka puasa di luar tentu langkah yang bijak.

#4 Bawa Bekal Sendiri


tips hemat selama puasa ramadhan
keluargasamawa.com
Saat pekerjaan di kantor atau lainnya membutuhkan waktu tambahan, maka lembur mungkin menjadi cara untuk menyelesaikannya. Maka saat lembur ini, usahakan kita untuk membawa bekal sendiri. Jika kita membawa bekal, maka tentu akan bisa meminimalisis pengeluaran yang tidak perlu. Dan, pastinya uang lembur bisa didapat dan pengeluaran bisa ditekan. 

#5 Perhatikan Barang Berdiskon


tips hemat selama puasa ramadhan
sebandung.com
Bulan Ramadhan bisa dibilang bulan diskon. Jika dalam ibadah, kita akan mendapatkan banyak bonus, namun berbeda halnya dalam belanja, kita akan banyak mendapatkan diskon. Terlebih jika kita memasuki supermarket, maka pasti banyak sekali tempelan-tempelan kertas 'DISKON 90%, DISKON 75%.

Yups, saat berbelanja memang diskon itu penting dan mengasyikkan. Tapi eits, jangan terjebak ya dengan kata DISKON. Sebelum mengambil barang yang berdiskon, perhatikan dengan cermat tanggal kadaluarsa dan juga kualitasnya. Belum lagi, jangan silau dengan kata 'DISKON', bisa jadi itu hanya trik marketing saja.

Maka, intinya mengambil barang berdiskon itu bagus, namun memperhatikan dengan cermat sebelum mengambilnya itu langkah yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari.

#6 Memasak Sendiri vs Membeli Makanan Jadi


Saat kita berada bersama keluarga, maka memasak sendiri tentu bisa menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Namun jika kita masih lajang atau tinggal di kos, maka membeli makanan jadi akan lebih menghemat daripada memasak sendiri.

Jika kita tinggal di kos, tapi memasak sendiri, itu selain merepotkan juga akan membengkakkan pengeluaran. Hal itu karena kita akan membutuhkan gas, kompor, dan lainnya. Maka bijak dalam menentukan antara memasak sendiri atau membeli makanan jadi menjadi hal yang bisa menentukan hemat selama puasa Ramadhan.

#7 Buat Kue Lebaran Sendiri


tips hemat selama puasa ramadhan
resepkueterbaru.com
Saat memasuki akhir bulan puasa, maka hampir semua kita akan disibukkan untuk menyambut Hari Raya. Maka jajanan kue dan aneka makanan pasti terpajang rapi dan lengkap di berbagai supermarket. Namun demikian, membuat kue lebaran sendiri di rumah akan menjadi tantangan buat kita dan juga bisa menghemat pengeluaran.

Demikianlah tips hemat selama puasa Ramadhan. Jika Sahabat Ngonline06 memiliki tips lain, silahkan berbagi di kotak komentar. Akhirnya, semoga tips-tips di atas bisa membantu sahabat untuk mengurangi pengeluaran selama bulan Ramadhan sehingga kita bisa memasuki dan melaksanakan ibadah puasa dengan khusuk dan optimal.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik