logo blog

Mau Beralih ke Template AMP? Pikirlah Dahulu Hal Ini..

Mau Beralih ke Template AMP? Pikirlah Dahulu Hal Ini..

Mau Ganti ke Template AMP? Pikirlah Dahulu Hal Ini..
Akhir-akhir ini marak sekalli para blogger untuk beralih ke template AMP. Terlebih lagi, blogspot telah support dengan AMP. Maka wajar jika mereka pun berburu aneka template yang valid AMP. Bahkan di forum diskusi para blogger, mulai dari ringan hingga berat pun membahas tentang AMP. Lalu, apakah Sahabat juga termasuk yang ingin beralih ke AMP?

Baca: Mengenal Accelerated Mobile Pages (AMP)

AMP yang berarti Accelerated Mobile Pages memang didesain oleh Google untuk meningkatkan performa, khususnya terkait kecepatan loading blog sekaligus menjawab tantangan facebook yang kian hari kian mencekram. AMP ini merupakan proyek Google sebagai standar untuk publisher untuk memiliki halaman yang dapat dimuat dengan cepat pada perangkat mobile, mengingat perangkat mobile menjadi hal yang menjamur melebihi perangkat desktop.

Lalu, apa keuntungan dan kerugian memakai template AMP?

Ngonline06 pada kesempatan ini tidak akan membahas terkait keuntungan ataupun kerugian daripada memakai template AMP. Namun ingin memberikan sedikit gambaran kepada sahabat semua sebelum beralih ke template AMP. Setidaknya, beberapa hal ini akan menjadi bahan pertimbangan sebelum Sahabat beralih dan menggunakan template AMP. Berikut adalah beberapa hal yang sahabat musti pertimbangkan dan pikirkan sebelum beralih ke template AMP.

1. Tampilan Blog


Template yang valid AMP berarti template tersebut bebas aneka JS (java script), perenderan dan style yang berlebihan. Artinya, saat sahabat beralih ke template AMP maka sahabat harus memahami bahwa template tersebut tidak akan didapatkan java script, aneka perenderan ataupun style yang berlebih. Konskwensinya blog sahabat nanti tidak bisa dimodif atau didesain semudah seperti sahabat memodivikasi blog dengan html.

Diantara contoh yang tidak support AMP adalah widget recent post, related post dan aneka widget yang memakai JS lainnya. Setidaknya widget-widget ini pada saat sekarang belum support (semoga saja nanti Google memberikan solusinya). Akibatnya, tampilan blog sahabat nanti tentunya standard dan normatif saja.

2. Sibuk dengan validasi postingan


Yups, untuk poin kedua inilah yang biasanya menghambat seseorang untuk beralih ke template AMP. Bagaimana tidak pusing, ternyata kode AMP itu tidak sama dengan kode HTML biasa. Diantara yang paling mencolok adalah gambar yang biasanya berkode 'img' sekarang beralih 'amp-img'. Akibatnya, saat Sahabat ingin beralih ke template AMP maka siap-siap sahabat menvalidasi postingan-postingan yang sebelumnya dengan AMP. Inilah yang menjadi kendala bagi para blogger untuk beralih ke AMP, khususnya blogger tua. Jika blogger yang baru membuat blog, mungkin tidak akan masalah, namun bagi blog yang sudah berumur tentu menjadi masalah besar. Bayangin saja jika blog sahabat sekarang memiliki postingan sebanyak 500, betapa kriting jari anda untuk merubah validitas postingan tersebut....hehe

3. Blog menjadi lebih cepat?


Kami tidak tahu pasti apa yang menyebabkan blog valid AMP lebih cepat. Namun kata para 'suhu' memang blog yang valid AMP lebih cepat dan WUZ WUZ katanya. Namun setelah kami cek lewat alat Page Speed milik Google, GTMetrix ternyata justru menunjukkan tanda MERAH dan membengkak yang menunjukkan loading berat (kisaran 50-60). Ini berbeda dengan template yang biasa kami pakai  yang menunjukkan tanda HIJAU dan menunjukkan kisaran 90-an.

Permasalahan ini pernah dilontarkan kepada para suhu, ternyata dijawab 'Google' punya cara sendiri untuk mengakses perenderan ini sehingga tidak bisa cuma diukur dengan alat tersebut. [Ya, semoga saja seperti itu ya..]

4. Blog cepat terindex?


Di banyak forum tentang AMP, banyak terlontar bahwa template valid AMP akan mudah terindex dan tentunya akan nangkring ke PAGEONE. Konon katanya banyak yang merasakan itu. Namun lagi-lagi kami yang memiliki blog sudah valid AMP ternyata memiliki kisah unik sekaligus aneh.

Sebelum beralih ke AMP, postingan yang tampil di SEARCH ANALYTICS itu sampai 38, namun setelah beralih ke template AMP, ternyata tiap hari justru menyusut dan sekarang menjadi ke angka ... [silahkan klik buttom di bawah untuk melihat gambar].
hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beralih ke template amp

Kami tidak tidak tahu 'mengapa seperti itu', apakah itu menguntungkan atau justru merugikan.. Semoga sahabat nantinya bisa memberikan penjelasan tentang 'keunikan ini'. Jujur saja karena keunikan ini menjadikan kami 'curiga' tentang terindexnya postingan.

NB. Setelah kami obok-obok di web master ternyata pengindexan halaman AMP memiliki tempat tersendiri, tidak seperti biasanya, tepatnya di Search Appearance > Accelerated Mobile Pages.

5. Pendapatan adsense menurun


Untuk poin yang kelima ini banyak dikeluhkan oleh para publisher. Memang blog yang valid AMP memiliki tingkat kecepatan yang spesial, namun ada hal yang sedikit mengganjal, khususnya para publisher adsense. Blog valid AMP belum bisa menempatkan iklan andsense di tengah postingan. Selain itu juga, iklan adsense ini pun munculnya sesaat setelah dilihat. Hal ini tentu akan menurunkan omset publisher adsense yang memang mengandalkan pendapatan dari itu. Dan, tentunya ini menguntungkan advertising. Namun demikian template AMP ini memang cocok untuk para blogger yang serius.

Untuk memotivasi sahabat untuk segera beralih ke AMP, silahkan lihat tampilan blog valid AMP ini: NOTES. Jika sahabat ingin beralih dan mantap untuk beralih ke AMP dan Ngonline06 sangat menyarankan kepada sahabat untuk beralih, silahkan dapatkan semua informasinya disini, mulai dari template, tutorial dan juga lainnya:

Demikian tadi hal-hal yang bisa Ngonline06 bagikan untuk sahabat semua khususnya terkait dengan penggunaan template AMP. Setidaknya ini yang kami alami sendiri sesaat menvalidasi blog dengan AMP. Namun kami tetap yakin dengan menggunakan template valid AMP maka menjadi lebih baik [semoga tidak hanya sebatas asumsi saja]. Jika sahabat memiliki pengalaman atau menjelaskan hal-hal yang belum kami pahami terkait dengan penjelasan di atas, silahkan dishare di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga saja bermanfaat untuk sahabat semua. Good Luck selalu dan salam AMP... 😎😎

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

3 comments

Salam, saya sedikit ragu dengan amp untuk blogspot. Tp sprti halnya halaman responsive dulu yang tentunya dapat meningkatkan seo, pasti ad pengaruh juga untuk halaman yg sudah valid amp.

Kasus blog yg sy kmbngkan dengan template simple bawaan akses jg tidak kalah cepat, dngan catatan gambar ilustrasi dan widget yang tidak memberatkan load blog.

kalau pengaruh memang benar kang, ADA... namun itu tadi ada beberapa ganjalan disitu..
mungkin benar istilah, "kalau ingin maju harus dimulai dengan ayunan pertama".... "berakit2 ke hulu, berenang renang kemudian.."
#salam kenal juga kang dari NGONLINE06

Saya dah beralih dari template biasa ke amp html template.

Ternyata sukar untuk nak edit agar bisa nampak menarik design blog, namun hampa.

Sekarang makin buntu...

Silahkan berkomentar dengan baik