logo blog

Cara Selamatkan Data saat Handphone Rusak atau Pecah

Cara Selamatkan Data saat Handphone Rusak atau Pecah

Tak bisa dipungkiri, keberadaan handphone di zaman sekarang seakan sudah menjadi kebutuhan. Dari anak muda hingga anak-anak sudah pandai memakai dan menggunakan ponsel. Terlebih sekarang ponsel dapat digunakan aneka macam kebutuhan. Maka tak jarang, jika kita mendapatkan para pengguna android/handphone memanfaatkan semua itu untuk menyimpan aneka gambar mengesankan atau video menarik pada data handphone mereka.

Cara Selamatkan Data saat Hanphone Rusak atau Pecah
Namun apa jadinya jika kita dapati handphone atau android kita jatuh dan rusak hingga layarnya pecah? Untuk hanya sekedar memencet layar pun susah, bahkan kadang menyebabkan handphone mati total (matot). Lalu, bisakah kita menyelamatkan data yang ada di handphone kesayangan kita?

Maka pada kesempatan ini, Ngonline06 akan berbagi tips tentang cara menyelamatkan data saat hanphone rusak atau pecah. Hal karena pada dasarnya saat hanphone sahabat pecah, baik karena terjatuh atau terlindas roda kendaraan, data ponsel sahabat bisa diselamatkan.

Cara Selamatkan Data saat Handphone Rusak atau Pecah


Berikut tips mengamankan data Anda yang tersimpan di storage ponsel:

1. Kabel USB OTG atau Kabel Data


Cara Selamatkan Data saat Hanphone Rusak atau Pecah
Bila ponsel sahabat masih dapat menyala, walau layar retak, maka sahabat bisa memanfaatkan kabel USB OTG. USB OTG ini bisa berfungsi agar sahabat dapat menyematkan perangkat mouse, sehingga pengguna bisa memiliki kontrol untuk membuka ponsel yang terkunci, kemudian memindahkan file di storage internal ke microSD.

Selain dengan kabel USB OTG, sahabat juga bisa memanfaatkan kabel data untuk menghubungkan ponsel ke PC. Ingat, ini bisa dilakukan apabila ponsel masih dapat menyala, kemudian pengguna memindahkan atau mentransfer semua file dari ponsel ke PC.

2. Pakai Program VNC


Cara Selamatkan Data saat Hanphone Rusak atau Pecah
Namun jika ternyata layar smartphone pecah parah dan tidak tampak gambar, maka sahabat memerlukan program VNC. Di toko aplikasi, terdapat versi gratis dari program tersebut. Program ini pada dasarnya memindahkan antarmuka Android menuju PC, sehingga perangkat bisa dikendalikan dari layar desktop. Silahkan sahabat memanfaatkan program VNC yang gratis, namun pastikan yang aman.

Untuk memakai program VNC, pengguna perlu mengunduh atau install terlebih dahulu ke PC serta perangkat Android. Terdapat pula program VNC berbayar yang menyediakan fitur lebih kaya.

3. Bawa ke Servis Resmi


Jika ternyata cara di atas belum bisa menyelamatkan data, sahabat jangan khawatir terlebih dahulu. Jalan alternatif terakhir untuk menyelamatkan data ponsel sahabat adalah dengan membawanya ke servis resmi. Walau pengguna harus mengeluarkan biaya, namun data diharapkan berhasil diselamatkan. Silahkan manfaatkan servis resmi tersebut terlebih jika ternyata handphone sahabat masih memiliki kartu garansi yang masih aktif, tentunya harganya bisa ditekan.

Demikian tips tentang cara selamatkan data saat handphone rusak atau pecah. Semoga bermanfaat untuk sahabat Ngonline06 semua.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments