logo blog

Tools Wajib bagi Pebisnis Online di Instagram

Tools Wajib bagi Pebisnis Online di Instagram

Keberadaan social media Instagram kini hampir menguasai pasar. Maka tak heran jika kini banyak pebisnis online beralih ke Instagram daripada social media lainnya seperti facebook, twitter, line, dan lainnya. Kualitas foto yang dihasilkan menjadi salah satu alasan mengapa instagram disebut-sebut lebih menjanjikan dibanding berbisnis melalui Twitter ataupun Facebook. Ditambah lagi, Instagram juga bisa terhubung langsung baik dengan Twitter maupun facebook, sehingga apapun yang Anda posting di akun Instagram maka secara otomatis akan muncul di akun Twitter dan Facebook Anda sendiri.

Dengan kata lain, berbisnis melalui Instagram memungkinkan Anda secara langsung berbisnis juga melalui Twitter dan Facebook tanpa harus mengulang postingan kita pada akun-akun tersebut. Ini menjadi alasan lain mengapa Instagram menjadi social media pilihan bagi pebisnis online.

Namun bukan berarti berbisnis online lewat Instagram tidak ada kendala. Instagram adalah aplikasi pada smartphone, jadi pada smartphone itulah di mana sebagian besar interaksi berlangsung. Jika Anda menggunakan Instagram pada desktop, Anda dapat melihat konten Instagram dan berinteraksi dengan orang yang Anda follow, tetapi Anda tidak dapat meng-upload sesuatu. Itulah salah satu kendala berbisnis online lewat Instagram.

Oleh karenanya untuk menutup kendala-kendala tersebut, dibutuhkanlah tools-tools yang dapat menutupi kendala-kendala tersebut, khususnya untuk mengelola bisnis Anda agar semakin 'perkasa' dan dapat dimanage lebih mudah lewat desktop. Jika Anda ingin mengetahui trik jitu jualan di Instagram agar produk Anda laris, silahkan baca disini.


Tools Wajib bagi Pebisnis Online di Instagram


Tools Wajib bagi Pebisnis Online di Instagram
Berikut tools-tools wajib bagi pebisnis online di Instagram.

#1 Iconosquare


Tools di Instagram yang bisa membantu memperlancar bisnis online Anda di Instagram  adalah  iconosquare. Tools ini membantu Anda mengetahui banyak like pada setiap postingan serta mengetahui pertumbuhan akun dari tahun ke tahun. Dengan demikian Anda bisa tahu produk mana yang paling banyak disukai serta bisa mengetahui ada atau tidaknya kenaikan pada bisnis online Anda di Instagram.

#2 ScheduleGram


ScheduGram adalah tool untuk mengelola Instagram yang cukup bagus. Tool ini  memungkinkan Anda menjadwalkan setiap konten baik image atau video yang akan diposting pada tanggal dan waktu yang Anda Inginkan. ScheduGram juga menyediakan tool upload massal, sehingga Anda dapat meng-upload gambar dalam jumlah banyak dan penjadwalan postingan tersebut dengan lebih cepat. Atau, Anda juga dapat menyimpan gambar sebagai draft, dan kemudian menjadwal postingan tersebut lain kali.

Untuk mendapatkan ini, Anda bisa menggunakan 'free trial' selama 7 hari. Harga paket tool ini sesuai dengan jumlah account yang Anda ingin kelola di ScheduGram dan juga berdasarkan jumlah follower account Instagram Anda. Untuk 0 -10.000 follower, seharga $10 per bulan.

#3 Gramcaster dan Ratagram


Sengaja dua tools ini kami gabungkan karena dua tools ini hampir sama kemampuannya dan manfaatnya. Baik GRAMCASTER ataupum RATAGRAM sangat cocok untuk dimiliki oleh seorang pebisnis online di Instagram. Bahkan, kami rekomendasikan untuk memiliki salah satunya. Dua tools ini memiliki fitur yang luar biasa. Tidak hanya mengungguli dua tools di atas, tapi lebih daripada itu. Melalui dua tools ini memungkinkan Anda mendapatkan follower ratusan bahkan ribuan dalam waktu sekejab. Sebagaimana diketahui, followers bagi pebisnis online di Instagram adalah sesuatu yang 'harus'. Berikut fitur yang dimiliki Gramcaster dan Ratagram:
  1. autolike hastag. Dengan fitur ini, Instagram Anda akan dikenal baik sebagai Instagram yang loyal yang nantinya akan menjadikan banyak relasi.
  2. autofollow, baik sesuai dengan hastag ataupun lokasi.
  3. Shcedule Post. Melalui fitur ini, Anda dapat mengatur jadwal posting. Artinya, Anda dapat mengatur semua postingan dalam sekali klik dan melalui desktop ataupun smartphone.
  4. whitelist. Fitur ini dapat menandai orang-orang tertentu yang akan menjadi target penjualan Anda secara otomatis. Ini bagus untuk menargetkan pasar bisnis Anda.
  5. Jam Kerja. Jika autofollow bekerja 24 jam, maka fitur 'Jam kerja' akan membatas auto follow ataupun autolike-nya pada jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Fitur ini penting agar tidak terlihat memakai aplikasi.
  6. Report. Fitur ini akan menampilkan hasil kerja Anda selama satu minggu.
  7. Dan masih banyak lagi fitur lainnya semisal auto direct message, auto-repost, autounfollow, autoDM yang dimiliki Gramcaster dan Ratagram.

Namun ada yang membedakan dua tools Gramcaster dan Ratagram di atas. Gramcaster memiliki fitur auto comment yang memungkinkan pelanggan Anda mendapatkan jawaban secara langsung walau Anda offline, sedangkan Ratagram tidak memilikinya. Kelebihan ini tentunya sesuai dengan harga yang dipatok kedua tools di atas.

Jika Gramcaster mengharuskan Anda untuk menyewanya minimal selama 4 bulan, Ratagram justru memungkinkan Anda untuk menyewanya selama 1 bulan. Untuk harganya pun terbilang sama. Gramcaster 'basic' untuk 3 akun selama 4 bulan hanya dipatok dengan harga 397 ribu rupiah, maka Ratagram mematok harga 100 ribu rupiah untuk 1 akun selama 1 bulan. Ratagram juga menawarkan berbagai jenis harga sesuai dengan kebutuhan, seperti Personal dan Agency. Demikian juga Gramcaster pun menawarkan harga sesuai kebutuhan, seperti Basic, Pro, dan Advance.

Demikian tools wajib bagi pebisnis online di Instagram agar bisnis dan omzetnya meningkat tajam. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan silahkan bagikan agar teman-teman Anda lainnya dapat mendapatkan manfaat. Jika ada hal-hal yang belum dipahami, silahkan coret-coret saja di kotak komentar. #SalamSukses #GoodJoob ;)

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan